Menjalankan Software Windows di Linux, Coba Wine 1.4

9 Mar 2012

Sebagai software gratis dan open source untuk menjadi lebih baik dan dapat dikenal oleh umum, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Hal ini tidak semuanya terjadi pada semua software gratis dan opensource, Contohnya jika dilihat dari pertumbuhan pengguna Desktop Linux, atau trend software lainnya seperti Firefox dan libreOffice.

Jika kamu lebih suka menggunakan Linux meski pun hanya beberapa aplikasi yang dapat anda jalankan untuk kegiatan sehari tapi ada beberapa aplikasi yang hanya bisa berjalan di Windows :(.

Apa yang harus dilakukan? Salah satu pilihan adalah Wine, Aplikasi yang didesain untuk memberikanmu cara untuk menjalankan Aplikasi Windows di Linux atau aplikasi lainnya seperti BSD, Solaris dan juga Mac OS X.

Rabu kemarin, tepatnya 7 Maret 2012 Proyek pengembangan Wine merilis versi terbarunya yaitu, versi 1.4. Mempersembahkan Rilis versi stabil terbaru sejak 2 (dua) tahun yang lalu. Lebih dari 16.000 perubahan yang tergambar dalam versi baru ini. Tentunya termasuk lebih banyak lagi aplikasi Windows yang Kompatible.

Wine 1.4 sekarang sudah bisa didownload secara gratis untuk Ubuntu dan Distro Linux yang lainnya. Tersedia juga versi berbayar untuk support, dalam bentuk CrossOver XI from CodeWeavers.

Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan Wine, versi terbaru ini memiliki tampilan yang berbeda. Berikut highlightsnya :

 
1. Support Microsoft Office 2010

Sekarang dari berbagai Aplikasi Windows yang bisa kamu jalankan di Linux menggunakan Wine adalah Microsoft Office 2010. Jadi Jika LibreOffice bukan kesukaanmu, sekarang Microsoft Office dapat menjadi pilihan. Aplikasi lain seperti Adobe Photoshop dan Flash CS3 juga beberapa aplikasi yang dapat dijalankan. Itu hanya beberapa nama. Masih banyak aplikasi yang terdaftar di List Database Aplikasi Wine ini yang dapat kamu jalankan.

 
2. Graphics Engine yang baru 😀

Graphics Engine yang baru di Wine 1.4 telah mensupport untuk merender Device Independent Bitmaps (DIBs), yang menghasilkan kinerja yang cukup besar dalam beberapa aplikasi, the project team says. Engine DIB juga sudah mendukung semua format warna yang ada. Hal ini menghilangkan batasan pada Resolusi warna pada display diversi sebelumnya. Wine 14 juga menambahkan support untuk variasi pada element grafik dan memberikan peningkatan kualitas output PostScript. Dan lebih banyak lagi codec gambar yang telah di tambahkan sehingga memberikan tampilan yang lebih bagus.

 
3. Redesigned Audio

Wine 1.4 Audio sekarang di desain ulang dengan dasar Audio yang digunakan pada Windows Vista. Tab Audio di Penganturan Wine juga telah di desain ulang. Khususnya untuk pilihan Driver sekarang telah dipilih secara otomatis. Jadi tidak perlu di setting manual 🙂

 
4. Smoother User Interface

Tampilan Wine 1.4 sekarang menggunakan Vista Style. Animasi mouse sudah diterapkan dan Tim Pengembang mengatakan, Integrasi desktop telah diperbaiki termasuk dukungan untuk drag dan drop objek OLE di seluruh aplikasi.

 

Itu beberapa highlight dari Wine 1.4. Untuk lebih jelasnya, Silakan coba install di Komputer anda 😀

Go free and open source software 🙂

VN:F [1.9.22_1171]

Rating :
Rating: 4.3/5 (8 votes cast)
Menjalankan Software Windows di Linux, Coba Wine 1.4 4 out of 5 based on 8 ratings.

Popular Keywords :

  • cara menjalankan aplikasi windows di linux
  • menjalankan program windows di linux
  • linux yang bisa menjalankan aplikasi windows
  • cara menggunakan wine di linux
  • menggunakan wine
  • cara install wine 1 4
  • tampilan wine di linux

2 Komentar pada artikel Menjalankan Software Windows di Linux, Coba Wine 1.4

Avatar

abox

March 14th, 2012 at 9:37 pm

Mantaff gan infonya,, gkgkgkgk

Avatar

Fajar

March 15th, 2012 at 5:22 pm

hahaha, coba donk! lebih mantap gan 😀

Leave a Comment