Optimasi JavaScript menggunakan Closure Compiler

29 Apr 2012

Mungkin tidak terasa, bahwa website yang sering kita kunjungi menggunakan web applications yang memiliki client-side script dengan jumlah ribuan baris code. Kecepatan Browser dan Download telah di tingkatkan, salah satunya dengan cara menggunakan gzip compression pada sisi webserver seperti yang telah saya bahas dalam aktikel sebelumnya dan optimasi JavaScript menjadi semakin penting. Salah satu cara yang akan saya jelaskan adalah optimasi JavaScript menggunakan Closure Compiler.

Optimasi JavaScript menggunakan Closure Compiler

Google’s Closure Compiler adalah webtools yang dapat dimanfaatkan untuk melakukkan optimasi JavaScript.  Untuk optimasi JavaScript menggunakan Google’s Closure Compiler, dapat dilakukan dengan 2 cara. Diantaranya :

1. Menggunakan Link
Sebelumnya backup dahulu file javascriptnya agar apabila terjadi kesalahan dapat segera ditangani. Memasukan url dimana file JavaScript yang akan dicompress berada dan ketika file tersebut dicompress, maka code hasil compiler tersebut akan ditampilkan dalam Panel sebelah kanan dan juga akan diberikan link file .js yang dapat langsung dincludekan pada script website apabila tidak ingin memasukannya  kedalam hosting/server sendiri,

2. Input secara manual
Meinginput (copy paste) secara manual code JavaScript yang akan dicompress pada panel sebelah kiri halaman Closure Compiler. Hasilnya seperti diatas, akan disediakan link default .js dan code hasil compressi di panel sebelah kanan.

Adapun beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi JavaScript diantaranya :

  1. Meletekan tag script di didalam tag head sehingga content muncul lebih cepat dan tidak macet karena loading dan eksekusi code berjalan tidak berurutan,
  2. Mengurangi HTTP request dengan cara menggabungkan beberapa JavaScript ke kedalam satu file saja,
  3. Mengurangi ukuran file JavaScript dengan menghapus whitespace yang tidak terpakai, menyingkat nama variable dan mejalankan optomasi lainnya.

Semoga bermanfaat 😀

VN:F [1.9.22_1171]

Rating :
Rating: 5.0/5 (2 votes cast)
Optimasi JavaScript menggunakan Closure Compiler 5 out of 5 based on 2 ratings.

2 Komentar pada artikel Optimasi JavaScript menggunakan Closure Compiler

Avatar

tian

June 29th, 2012 at 12:00 am

terimakasih infonya sangat bermanfaat!
🙂

Avatar

Fajar Ramdhani

June 30th, 2012 at 9:46 am

Terima kasih kembali 🙂
Syukur dapat bermanfaat

Salam,

Leave a Comment