Kiamat Internet ? Yang Bener ?

8 Jul 2012

Kiamat Internet ? Yang Bener ini teh ? 😀

Tanggal 9 Juli 2012 nanti, FBI berencana akan mematikan DNS Server Palsu yang dibuat oleh enam warga asal Estonia untuk mendapatkan kentungan dengan berbagai cara yang ilegal, seperti mengirim spam, scam, iklan online dan yang paling berbahaya adalah melakukan traking terhadap aktivitas online korbannya.

DNS Changer adalah malware -atau virus yang dapat mengganti setting DNS di komputer dan router-accesspoint sehingga secara tidak sadar, kita berinternet menggunakan DNS Server palsu yang telah mereka siapkan tadi. Sehingga dengan mudahnya mereka merekam data-data aktivitas online kita. Virus ini berhasil menginfeksi 4 Juta lebih komputer di seluruh dunia.

Karena biasanya setting DNS sudah dilakukan secara otomatis (menggunakan DNS ISP atau PublicDNS) oleh sistem yang ada di jaringan, efek terjangkitnya komputer oleh virus ini tidak terasa.

Untuk mengetahui apakah komputer atau jaringan internet anda bebas dari virus DNS Changer sangat mudah. Coba kunjungi dns-ok.us. Jika yang tampil adalah DNS Resolution = GREEN, maka komputer anda aman dari virus tersebut \m/.

Untuk hasil yang lebih meyakinkan, penggunan Sistem Operasi Windows bisa coba scan komputer yang sedang di pakai menggunakan Anti-rootkit utility TDSSKiller dari Kaspersky. Langkah-langkah untuk menscan dan link download aplikasinya terdapat di link tadi.

Kata “kiamat” yang digunakan para media sepertinya terlalu berlebihan lebay 😀 sebab hanya komputer atau router yang masih menggunakan DNS Server palsu dan yang masih dihinggapi virus DNS Changer saja yang tidak akan dapat mengakses internet. Tidak semua pengguna internet akan terkena dampak dari pemberhentian rogue DNS Server yang dibuat oleh si pembuat  malware DNS Changer tersebut.

So ” No | Enggak | Tidak ” adalah jawaban untuk judul artikel ini 😀

VN:F [1.9.22_1171]

Rating :
Rating: 3.7/5 (3 votes cast)
Kiamat Internet ? Yang Bener ? 4 out of 5 based on 3 ratings.

Leave a Comment